Sumber Daya Material, Teknik dan ide Produk Grafika

Sumber Daya usaha yang dibutuhkan untuk wirausaha produk grafika adalah bahan baku atau material, teknik dan alat, serta keterampilan. Wirausaha produk grafika dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku, potensi teknik dan keterampilan yang ada di daerah tersebut.

Ada 5 jenis teknik cetak berdasarkan prinsipnya, yaitu seperti brrikut.

1. Cetak Tinggi
     Pada jenis teknik cetak, zat pewarna di tempatkan pada           permukaan tertinggi dari bidang pencetak (acuan cetak).
Contoh dari cetak tinggi adalah Stempel. Prinsip yang                  digunakan pada awal teknik cetak digunakan di China                dengan acuan cetak papan kayu hingga mesin cetak                      Guttenberg.
  
   Stempel/alat stempel

2. Cetak Dalam
     Pada jenis teknik cetak dalam, zat pewarna ditempatkan         pada permukaan terdalam dari bidang pencetak 
 (acuan cetak). Bidang pencetak dapat berupa balok kayu,             karet, logam atau bahan lainnya yang diberi gamabar atau         tulisan.Contoh dari Cetak Dalam adalah Pencetakan pada             uang kertas.

   
   Papan logam yang sudah grafis untuk acuan cetak dalam.

3. Cetak Datar
     Pada jenis teknik cetak Datar, bidang pencetakan atau               bidang acuan cetak berupa permukaa datar yang memiliki         dua jenis lapisan permukaan. Satu jenis lapisan mengikat             tinta, sedangkan satu jenis lapisan lainnya tidak mengikat           tinta. Contoh dari produk grafika dengan teknik cetak datar         adalah koran dan majalah.
  
     Teknik cetak datar dengan cara manual

4. Cetak Saring
     Cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar pada prinsipnya  mengaplikasikan tinta pasa bidang acuan cetak dan                      mudian memindahkan tinta dari bidang acuan cetak ke          permukaan kertas atay permukaan datar lainnya. Gambar          yang dihasilkan memberikan lapisan penghalang tinta              sesuai gambar yang diinginkan. Contoh hasil cetak saring.
  
   Teknik cetak Saring

5. Cetak Digital
     Cetak digital adalah proses cetak yang terjadi tampa bidang acuan cetak. Proses pada pencetakan digital diatur dan                dilakukan secara digital  menggunakan komputer. Contoh          adalah mesin printer
 
   Contoh Cetak digital


Semoga bermanfaat Sekian dan terimakasih.... 
   









Comments